Mengintip Korean National Police University lewat Police University

nonton streaming download drakorindo police university sub indo viu

 

 

Di awal serial drakor Police University, kamu bisa melihat alasan Kang Sun Ho (diperankan oleh Jinyoung) memutuskan jadi seorang peretas. Dia tertangkap, tapi mendapat kesempatan untuk belajar di National Police University. Ternyata, bukan hanya belajar, ia juga melirik Oh Kang Hee (diperankan Krystal) mahasiswi cantik jago bela diri judo, yang sama-sama membantu Profesor Yoo Dong Man (diperankan oleh Cha Te Hyun) dalam menyelidiki kasus kriminal.

 

Korean National Police University memang cukup terkenal. Tidak mudah untuk diterima menjadi mahasiswa di sana, karena harus melalui pelatihan dan seleksi yang cukup ketat. Yuk, intip bagaimana kehidupan di universitas ini.

 

 

1. Dulu Hanya untuk Laki-laki

 

nonton streaming download drakorindo police university sub indo viu

 

 

Lembaga pendidikan pertama untuk para polisi di Korea dimulai pada 1946, yaitu National Police Technical School. Pada 1979 barulah didirikan Korean National Police University (KNPU). Pada awal berdirinya, universitas ini hanya menerima siswa laki-laki. Baru di tahun kesembilan perempuan diperbolehkan mendaftar. Tapi, karena ketatnya proses seleksi, yang diterima hanya 5 orang. 

 

KNPU memiliki logo bergambar cham suri (sejenis elang laut) yang membentangkan sayap di atas mugunghwa (kembang sepatu). Di dalam kawasan kampus beberapa bangunan dan monumen memiliki filosofi tersendiri. Salah satunya, pintu gerbang dengan pilar persegi delapan yang melambangkan tanggung jawab melindungi segala penjuru bangsa. Ada sebuah menara setinggi 1.984 meter yang dikenal sebagai Justice Tower, juga Menara Memorial yang mencantumkan nama-nama polisi yang gugur dalam tugas.

 

Setelah melalui seleksi ketat, calon mahasiswa tidak otomatis menjadi mahasiswa. Mereka harus mengikuti masa orientasi terlebih dahulu. Selama dua minggu mereka diberi wawasan tentang kepolisian, juga tentang kurikulum universitas. Di hari terakhir minggu orientasi, lencana akan dilekatkan. Ini berarti calon mahasiswa sudah berhak mengenakan seragam sebagai mahasiswa kepolisian. Seragamnya pun bermacam-macam. Seragam untuk kuliah sehari-hari di musim semi, seragam upacara, seragam khusus musim panas, musim gugur, dan musim dingin. Keren-keren banget seragamnya!

 

 

2. Banyak yang Dipelajari

 

nonton streaming download drakorindo police university sub indo viu

 

 

Ada 3 jurusan ilmu utama di KNPU, yaitu jurusan hukum, administrasi publik, dan ilmu kepolisian. Masing-masing terdiri atas 30 – 40 mata kuliah. Jurusan hukum mempelajari seluk beluk hukum, mulai hukum kriminal sampai hukum internasional. Di jurusan administrasi publik, mahasiswa dipersiapkan untuk memahami sistem dan kebijakan pemerintah. Sedangkan di ilmu kepolisian diajarkan 47 ilmu dasar, mulai dari investigasi, negosiasi, sampai kejahatan dunia maya. 

 

Untuk melengkapi ketiganya, semua mahasiswa dilatih fisik dan dibekali dengan ilmu bela diri, yaitu taekwondo, hapkido, judo, dan kendo. Mereka juga wajib mengambil mata kuliah bahasa, yaitu bahasa Inggris dan memilih bahasa asing kedua. Ada juga ‘semester pendek’ pada musim panas dan musim dingin. Semester Musim Panas, dilakukan pada empat minggu sebelum liburan musim panas. Ada kelas bahasa Inggris, komputer, berenang, menembak, mengemudi, dan pelatihan lapangan di kantor polisi. Kelas yang sama juga bisa diambil pada Semester Musim Dingin, kecuali berenang dan mengemudi.

 

Seperti Sun Ho dan Oh Kang Hee, di tahun kedua mahasiswa melakukan pelatihan praktik di markas polisi, meliputi bidang anti kejahatan, penyidikan, detektif, dan lalu lintas. Ada juga kerja lapangan di pengadilan dan lembaga pemasyarakatan. Mahasiswa tahun terakhir, harus mengikuti pelatihan wajib militer yang dilakukan bersama Kementerian Pertahanan. Sedangkan para mahasiswinya akan ditempatkan bekerja di kantor polisi atau menjalani kegiatan bakti sosial.

 

 

3. Polisi Juga Harus Suka Seni

 

nonton streaming download drakorindo police university sub indo viu

 

 

Tak melulu belajar di kelas, selain memperdalam ilmu kepolisian, mahasiswa KNPU juga boleh memilih kegiatan di berbagai klub sesuai minat dan bakat. Di klub akademis, bisa memilih belajar bahasa Inggris, bahasa Cina, kelompok sastra, atau bahasa isyarat untuk berkomunikasi dengan tuna rungu. Selain itu, ada juga klub komputer, investigasi kejahatan, dan klub studi forensik. 

 

Di klub olahraga, selain bela diri, juga ada klub sepak bola, basket, baseball, tenis, golf, pedang, renang, scuba diving, mendaki gunung, dan berkuda. Setiap bulan Mei diadakan Festival Olahraga. Ini festival seru yang ditunggu-tunggu. Pertandingan sepakbola, basket, baseball, dan maraton diikuti oleh semua mahasiswa, staf pengajar, sampai polisi anti huru-hara di KNPU.

 

Para mahasiswa yang berminat pada seni tradisional juga difasilitasi. Ada klub samul-nori, yaitu musik rakyat yang diiringi empat instrumen perkusi. Klub yang mempelajari tradisi dan upacara minum teh, hingga klub baduk, semacam permainan catur tradisional. Setiap akhir September, KNPU menggelar Festival Budaya yang diadakan selama tiga hari berturut–turut. Mereka yang tergabung dalam  klub seni lukis, seni musik, seni pertunjukan, dan fotografi, bisa unjuk gigi.

 

Jadi kehidupan kampus calon polisi ini bisa seru juga, ya. Mahasiswa KNPU juga boleh bangga, karena inilah satu-satunya universitas di Korea yang setiap tahun acara wisudanya selalu dihadiri oleh Presiden Korea. 

 

Mau tahu lebih banyak tentang kehidupan mahasiswa calon polisi? Tonton Police University di Viu, ya!

 

 

Nonton Streaming / Download Police University Sub Indo di Viu

 

Drama Police University tayang secara eksklusif pertama kali di Viu mulai 10 Agustus 2021, setiap Selasa dan Rabu dengan total 16 episode. Jangan lewatkan untuk nonton streaming atau download Police University sub Indo hanya di Viu sekarang!

 

 

Yuk nonton Police Univerisity sub Indo sekarang!

 

Nonton Sekarang

 

 

 

By |2021-08-25T15:14:09+07:00August 25th, 2021|News|0 Comments

About the Author:

Hi! Called me SA, a VIU writer whose main biases differ based on the drama she is currently watching. She's also an ARMY! She hooked up with unexpected plot twist movies and Korean dramas. Reply 1988 and Moon Lovers are two of her all-time favorite dramas! Even after watching it numerous times, but she still can't get over it.

Leave A Comment